Makalah Sejarah Perkembangan Kerajaan Islam di Nusa Tenggara

Terima kasih telah berkunjung ke NulisMakalah. Halo, selamat berjumpa kembali dengan NulisMakalah, Tempatnya referensi dan contoh makalah atau tugas sekolah. NulisMakalah tetap bersemangat untuk memposting dan menshare contoh makalah untuk siswa sekolah. Harapannya agar siswa sekolah memiliki referensi dalam menulis dan membuat makalah. Kali ini kita akan memberikan contoh makalah Sejarah. Makalah kali ini berjudul "Makalah Perkembangan Kerajaan Islam di Nusa Tenggara". 

Contoh Menulis Makalah Mata Pelajaran Sejarah, dengan judul makalah Makalah Perkembangan Kerajaan Islam di Nusa Tenggara bisa dilihat di bawah    ini :   

PEMBAHASAN



A.   AWAL MASUK ISLAM KE NUSA TENGGARA
Diperkirakan sejak abad ke-16 Islam hadir di daerah Nusa Tenggara (Lombok). Islam di lombok diperkenalkan oleh Sunan Perapen (putra Sunan Giri). Kemungkinan masuknya Islam ke Sumbawa ini dengan melalui Sulawesi, yaitu melalui dakwah para muSbalig dari Makasar antara tahun 1540-1550. Kemudian berkembang kerajaan Islam di Lombok, salah satunya adalah Kerajaan Selaparang.

B.   KERAJAAN DI NUSA TENGGARA
Kerajaan Selaparang adalah salah satu kerajaan yang pernah ada di Pulau Lombok. Pusat kerajaan ini pada masa lampau berada di Selaparang (sering pula diucapkan dengan Seleparang), yang saat ini kurang lebih lebih berada di desa Selaparang, kecamatan Swela, Lombok Timur.
Sejujurnya minim sekali yang dapat diketahui tentang sejarah Kerajaan Selaparang, terutama sekali tentang awal mula berdirinya. Namun, tentu saja terdapat beberapa sumber objektif yang cukup dapat dipercaya. Salah satunya adalah kisah yang tercatat di dalam daun Lontar yang menyebutkan bahwa berdirinya Kerajaan Selaparang tidak akan pernah bisa dilepaskan dari sejarah masuknya atau proses penyebaran agama Islam di Pulau Lombok.
Selaparang merupakan pusat Kerajaan Islam di Lombok. Selaparang di bawah Pemerintahan Prabu Rangkesari. Pada masa itu Selaparang mengalami zaman keemasan, memegang, dan lain-lain. Konon Sunan Perapen meneruskan dakwahnya dari lombok terus ke Sumbawa. Selaparang juga mengembangkan hubungan antara Kerajaan Gowa dan Lombok dipererat dengan cara pernikahan seperti Pemban Selaparang, Pemban Pejanggik, dan Pemban Parwa.
Kerajaan Selaparang tergolong kerajaan yang tangguh, baik di darat maupun di laut. Laskar lautnya telah berhasil mengusir Belanda yang hendak memasuki wilayah tersebut sekitar tahun 1667-1668 Masehi. Namun demikian, Kerajaan Selaparang harus rnerelakan salah satu wilayahnya dikuasai Belanda, yakni Pulau Sumbawa, karena lebih dahulu direbut sebelum terjadinya peperangan laut. Di samping itu, laskar lautnya pernah pula mematahkan serangan yang dilancarkan oleh Kerajaan Gelgel (Bali) dari arah barat. Selaparang pernah dua kali terlibat dalam pertempuran sengit melawan Kerajaan Gelgel, yakni sekitar tahun 1616 dan 1624 Masehi,

Untuk mendowload Makalah Sejarah yang berjudul Makalah Perkembangan Kerajaan Islam di Nusa Tenggara  ini secara utuh dan berbentuk file Word dan bisa diedit, silahkan klik linknya disini :

Download Makalah Sejarah Perkembangan Kerajaan Islam di Nusa Tenggara 

loading...

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Makalah Sejarah Perkembangan Kerajaan Islam di Nusa Tenggara"

  1. wah makasih banget. adminnya baik banget sampe dikasih link downloadnya, makasih ya

    ReplyDelete