Contoh Makalah Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani

Selamat berjumpa lagi dengan NulisMakalah. Kepada siswa SMP dan Sederajat, NulisMakalah ucapkan selamat karena sudah menjalankan Ujian Nasional (UN) SMP Tahun 2015. Semoga Hasil UN SMP Tahun 2015, sesuai dengan keinginan kita semua, dan Lulus dengan memuaskan. Meskipun momen nya momen sukacita karena sudah menjalankan UN, Eitss tapi tidak perlu merayakan secara berlebihan ya !! Meskipun proses belajar hampir usai untuk siswa kelas akhir, namun NulisMakalah tetap hadir setia mengisi blog ini dengan contoh-contoh makalah lainnya, karena di NulisMakalah tempatnya referensi dan contoh makalah atau tugas sekolah. NulisMakalah tetap bersemangat untuk memposting dan menshare contoh makalah untuk siswa sekolah. Harapannya agar siswa sekolah memiliki referensi dalam menulis dan membuat makalah. Kali ini kita akan memberikan contoh Makalah PPKN. Makalah Mata Pelajaran PPKN kali ini berjudul "Makalah Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani". 

Contoh Menulis Makalah Mata Pelajaran PPKN, dengan judul makalah Makalah Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani bisa dilihat di bawah ini :   

PEMBAHASAN




2.1     Pengertian Budaya Demokrasi
                        Budaya demokrasi terdiri atas dua kata, yaitu budaya dan demokrasi. Budaya berarti hasil kemampuan akal manusia dalam lingkungan kehidupannya. Adapun pengertian demokrasi adalah keadaan Negara yang sistem pemerintahannya berkedaulatan rakyat. Artinya , kedaulatan dalam pemerintahannya berada di tangan rakyat, kekuasaan tertinggi berada dalam keputusan bersama rakyat, rakyat berkuasa, pemerintahan rakyat, dan kekuasaan oleh rakyat.
                        Berdasarkan asal katanya, budaya demokrasi mempunyai pengertian kemampuan manusia yang berupa sikap dan kegiatan yang mencerminkan nilai-nilai demokrasi seperti menghargai persamaan, kebebasan, dan peraturan. Budaya demokrasi juga dapat dikatakan sebagai bentuk aplikasi atau penerapan nilai-nilai yang terkandung dalam prinsip demokrasi itu sendiri. Dengan demikian, tercerminlah prinsip-prinsip demokrasi dalam budaya demokrasi.

2.2     Pengertian Masyarakat Madani
                        Civil society atau lebih akrab dengan sebutan masyarakat madani adalah masyarakat yang mampu mengisi ruang publik, sehingga dapat menjadi bumper kekuasaan negara yang berlebihan. Dalam pemikiran reformasi ini masyarakat madani merupakan tujuan pemerintah demokrasi. Masyarakat madani merupakan jaringan berbagai organisasi kemasyarakatan.
                        Menurut M. Hasyim, pengertian masyarakat madani adalah masyarakat yang selalu memelihara perilaku yang beradab, sopan santun berbudaya tinggi, baik dalam menghadapi sesama manusia, atau alam lainnya, misalnya dalam menyembelih binatang untuk dikonsumsi, dalam berburu. Masyarakat madani adalah masyarakat yang selalu memelihara perilaku yang beradab, sopan santun berbudaya tinggi, dan ramah dalam menghadapi lingkungannya, masyarakat yang hubungan antara warganya sangat harmoni, saling menghargai kepentingan masing-masing. Menyadari bahwa walaupun masing-masing mempunyai hak bahkan hak asasi, tetapi haknya itu dibatasi oleh hak yang dimiliki orang lain dalam kapasitas yang sama.



-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Untuk mendowload Makalah PPKN yang berjudul Makalah Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani ini secara utuh dan berbentuk file Microsoft Word dan bisa diedit, silahkan klik linknya disini :

Download Makalah PPKN Makalah Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani 

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Makalah Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani"

Post a Comment