Contoh Makalah Geografi tentang Benua Afrika

Halo !! Bertemu lagi dengan NulisMakalah. Meskipun sekarang sedang diadakan UN SMP Tahun 2015, NulisMakalah tetap hadir setia mengisi blog ini dengan contoh-contoh makalah lainnya, karena di NulisMakalah tempatnya referensi dan contoh makalah atau tugas sekolah. NulisMakalah tetap bersemangat untuk memposting dan menshare contoh makalah untuk siswa sekolah. Harapannya agar siswa sekolah memiliki referensi dalam menulis dan membuat makalah. Kali ini kita akan memberikan contoh Makalah Geografi. Makalah Mata Pelajaran Sejarah kali ini berjudul "Makalah tentang Benua Afrika". 

Contoh Menulis Makalah Mata Pelajaran Geografi, dengan judul makalah Makalah tentang Benua Afrika bisa dilihat di bawah ini :   

PEMBAHASAN




 A.      HAL MENONJOL DARI BENUA AFRIKA
Benua Afrika adalah benua terbesar ketiga setelah Asia dan Amerika. Berdasarkan kepadatan penduduknya, benua Afrika menempati urutan ketiga setelah Asia dan Eropa. Benua Afrika juga disebut dengan julukan Benua Hitam, karena mayoritas penduduknya berkulit hitam.
Daerah Afrika terdiri dari Pegunungan tinggi, Gurun, Lembah, dan daerah depresi. Pegunungan di selatan dan timur, lebih tinggi dari pegunungan yang ada di utara dan barat. Gunung tertinggi adalah G. Kilimanjaro (6.010 m) yang terletak di Tanzania. Di Afrika utara terdapat gurun Sahara, yang merupakan gurun terluas di bumi. Sungai yang terdapat di Afrika antara lain adalah sungai Nil, yang merupakan sungai terpanjang di bumi (6.690 km). Di Afrika terdapat beberapa danau yang besar antara lain danau Victoria, danau Tanganyika, dan danau Malawi.
Benua Afrika terkenal dengan sebutan benua hitam karena sebagian besar penduduknya berkulit hitam. Ciri khas lainnya adalah:
1.      Piramida yang merupakan makam raja-raja Mesir. 
2.      Adanya lalat tsetse yang menyebabkan penyakit tidur.
3.      Pengidap HIV/AID terbesar di dunia. 
4.      Benua termiskin dibanding benua-benua lain. 
5.      Gurun terluas di dunia yaitu Gurun Sahara (8,4 juta km2).
6.      Sungai terpanjang di dunia yaitu sungai Nil (6.690 km).
7.      Gunung api Kilimanjaro tertinggi di dunia (6.010 meter).

B.       KEADAAN IKLIM DAN CUACA
Iklim di AfrikaKondisi fisik Afrika tersebut memengaruhi variasi iklim yang terjadi. Di daerah pantai, iklimnya dipengaruhi oleh iklim laut, di daerah 0° terdapat iklim tropis yang basah sehingga banyak terjadi hujan, sedangkan di bagian Utara dan Selatan mendapat pengaruh angin gurun sehingga beriklim subtropis yang kering. Khusus di bagian Utara, sedikit terpengaruh iklim Laut Mediteran.
Sejauh ini dalam bidang pertanian yang merasakan dampaknya secara langsung dan berkaitan juga dengan semakin tingginya tingkat kelaparan kronis yang terjadi dibeberapa negara seperti Somalia. Hal ini karena diperkirakan terjadi peningkatan dari jumlah proporsi lahan kering dan semi kering sebesar 5-8% akibat habisnya sumber daya air.
Dampak perubahan iklim ini sangat luas terhadap hasil pertanian yang dirasakan oleh banyak negara di afrika.Suhu tinggi berkepanjangan dan periode kekeringan yang semakin panjang memaksa daerah- daerah yang awalanya merupakan daerah pertanian menjadi daerah yang marjinal dari produksi pertanian. Dan daerah yang cocok untuk pertanian pada musim tanam yang potensial menghasilkan berkurang drastis jumlahnya akibat kekeringan. Perubahan iklim akan menimbulkan kondisi lingkungan yang keras dan ekstrem terutama bagi petani kecil dipedesaan yang banyak mengantungkan nasib pada alam.
Dampak perubahan iklim terhadap kesehatan berawal dar perubahan temperatur yang tinggi hingga lebih dari 30˚C yang berakibat pada semakin tingginya tingkat kematian. Penyakit seperti malaria dan demam berdarah banyak menjangkit penduduk afrika akibat meningkatnya populasi dan tempat berkembangbiaknya nyamuk.
Di samping itu, kenaikan suhu global pada gilirannya akan menyebabkan kenaikan permukaan laut satu meter atau lebih pada akhir abad. seperti kenaikan kemungkinan akan mempengaruhi enam juta orang yang berada di Delta Nil. Keberadaan pulau, pantai, dan delta menjadi begitu terancam keberadaanya dimasa yang akan datang. Begitu banyak dampak yang dirasakan di afrika akibat masalah perubahan iklim ini.
Untuk alasan ini negara- negara maju membahas bagaimana untuk mengurangi emisi karbon yang banyak mereka hasilkan dari kegiatan industri dan kehidupan sehari- hari masyarakatnya, sementara di afrika yang dihadapi secara langsung adalah bagaimana dapat beradaptasi dan bertahan dalam perubahan yang semakin memperburuk kondisi iklim dan nasibnya akibat pemanasan global. Negara-berkembang umumnya akan mengalami dampak dari perubahan iklim akibat rendahnya kemampuan sensitivitas adaptasi sebelum tahun 2050.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Untuk mendowload Makalah Geografi yang berjudul Makalah Tentang Benua Afrika ini secara utuh dan berbentuk file Microsoft Word dan bisa diedit, silahkan klik linknya disini :

Download Makalah Geografi Makalah tentang Benua Afrika 

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Makalah Geografi tentang Benua Afrika"

Post a Comment