Makalah Lingkungan Hidup Pencemaran Lingkungan

Terima kasih telah berkunjung ke NulisMakalah. Halo, selamat berjumpa kembali dengan NulisMakalah, Tempatnya referensi dan contoh makalah atau tugas sekolah. NulisMakalah tetap bersemangat untuk memposting dan menshare contoh makalah untuk siswa sekolah. Harapannya agar siswa sekolah memiliki referensi dalam menulis dan membuat makalah. Kali ini kita akan memberikan contoh Makalah Lingkungan Hidup. Makalah kali ini berjudul "Makalah Pencemaran Lingkungan". 

Contoh Menulis Makalah Lingkungan Hidup ini, dengan judul makalah Makalah Pencemaran Lingkungan bisa dilihat di bawah ini :   

PEMBAHASAN


Lingkungan kita adalah segala sesuatu di luar diri kita. Makhluk hidup  (organisme) dengan lingkungannya selalu berinteraksi. Munculnya pabrik-pabrik yang menghasilkan asap dan limbah buangan dapat menimbulkan pencemaran lingkungan.
Pencemaran lingkungan merupakan satu dari beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kualitas lingkungan. Pencemaran lingkungan adalah (enviromental pollution adalah) masuknya bahan-bahan ke dalam lingkungan yang dapat mengganggu kehidupan makhluk hidup di dalamnya.
Zat yang dapat mencemari lingkungan dapat mengganggu kelangsungan hidup makhluk hidup disebut pollutan (zat kimia, debu, suara, radiasi, panas).
Beberapa pengertian pencemaran lingkungan yang telah dikemukakan :
·  Menurut UU pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup NO.4 Tahun 1982 adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya.
Berdasarkan beberapa pengertian pencemaran lingkungan di atas, kita dapat mengetahui penyebab terjadinya pencemaran lingkungan tersebut, secara garis besar faktor pencemaran lingkungan ada 2, yaitu : faktor alam yang tidak dapat dicegah misalnya bencana alam, banjir bandang, gunung meletus, tanah longsor, gempa bumi, tsunami, kekeringan, kebakaran hutan, angin putting beliung dan perubahan musim.
Faktor kedua adalah faktor manusia yang dapat dikurangi dan dikendalika. Kegiatan manusia yang meliputi kegiatan-kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang semakin meningkat. Misalnya kebutuhan sandang, pangan, papan, lahan dan transportasi. Peningkatan jumlah penduduk yang diikuti dengan kemajuan IPTEK berakibat pada semakin banyaknya sumber daya alam yang tereksplotasi. Jika tidak dikendalikan dapat menyebabkan kerusakan & pencemaran lingkungan.


Untuk mendowload Makalah Lingkungan Hidup yang berjudul Makalah Pencemaran Lingkungan ini secara utuh dan berbentuk file Word dan bisa diedit, silahkan klik linknya disini :

Download Makalah Lingkungan Hidup Makalah Pencemaran Lingkungan

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Lingkungan Hidup Pencemaran Lingkungan"

Post a Comment