Contoh Makalah Geografi tentang Benua Australia

Halo !! Bertemu lagi dengan NulisMakalah. Meskipun sekarang sedang diadakan UN SMP Tahun 2015, NulisMakalah tetap hadir setia mengisi blog ini dengan contoh-contoh makalah lainnya, karena di NulisMakalah tempatnya referensi dan contoh makalah atau tugas sekolah. NulisMakalah tetap bersemangat untuk memposting dan menshare contoh makalah untuk siswa sekolah. Harapannya agar siswa sekolah memiliki referensi dalam menulis dan membuat makalah. Kali ini kita akan memberikan contoh Makalah Geografi. Makalah Mata Pelajaran Geografi kali ini berjudul "Makalah tentang Benua Australia". 

Contoh Menulis Makalah Mata Pelajaran Geografi, dengan judul makalah Makalah tentang Benua Australia bisa dilihat di bawah ini :   

PEMBAHASAN




A.      Hal yang Menonjol dari Benua Australia
Karaketeristik benua Australia dikenal memiliki populasi fauna berupa hewan berkantong (marsupial), seperti kanguru.
Selain itu terdapat pula beragam jenis burung yang banyak terdapat di benua tersebut, juga beberapa dinyatakan sebagai jenis hewan langka (endemik), seperti kasuari.
Hal ini disebabkan wilayah benua Australia yang nyaris terisolasi dari wilayah benua lainnya, juga temperatur yang nyaris tidak berubah saat terjadi perubahan zaman. Tidak seperti yang terjadi di benua-benua lainnya yang cenderung terjadi penurunan suhu.
Diakibatkan oleh hal yang sama juga berlaku pada jenis flora di benua Australia, yang cenderung endemik. Tidak adanya aktivitas gunung berapi, membuat kondisi tanah di benua Australia menjadi kurang subur dan bisa dikatakan sebagai tanah yang sudah berumur tua.
Karenanya benua Australia kurang kaya akan flora, hanya berupa jenis rerumputan dan tanaman yang bisa bertahan di lahan semi-tandus atau lahan gurun. 
Sementara itu, kita dapat pula menemukan jenis tumbuhan yang dapat meranggas setiap tahunnya, karena adanya penanaman pohon-pohon jenis tersebut pada era masa kini di benua Australia. 
Sebagian flora yang berasal dari hutan hujan tropis dapat pula kita temukan di daerah New Guinea yang awalnya berasal dari lempengan Eurasia.
Sebagai benua dengan luas terkecil di antar benua-benua lainnya, karakteristik benua Australia dikatakan pula sebagai benua dengan populasi paling jarang. Benua Australia memiliki luas sekitar 8.560.000 kilometer persegi. Sebelum terpisah-pisah seperti sekarang ini, wilayah benua Australia disebut dengan lempengan Australasia. Hal ini juga merupakan karakteristik benua Australia yang unik dan berbeda.
Kemudian, penamaan tersebut diubah karena wilayah tersebut meliputi juga wilayah New Zealand yang tidak memiliki kesamaan, baik secara geografis maupun geologis. Selanjutnya wilayah benua Australia tersebut dinamakan dengan Australia Besar (Greater Australia).
Nama tersebut berubah kembali menjadi Lempengan Sahul (Sahul Shelf), Meganesia (Great Island), Australinea, hingga dikenal nama benua Australia seperti sekarang ini.

B.       Keadaan Iklim dan Cuaca
Wilayah Australia memiliki iklim yang berbeda-beda mulai dari iklim topis sampai iklim yang sedang.
Zona iklim di Australia, menurut klasifikasi iklim Köppen. Luas daratan Australia adalah 7.617.930 km² berada di atas Lempeng Indo-Australia. Dikelilingi oleh Samudra Hindia dan Samudra Pasifik, ia dipisahkan dari Asia oleh Laut Arafura dan Laut Timor. Benua terkecil di dunia dan negara terluas keenam menurut luas keseluruhan, Kepemilikan dan keterpencilan Australia menyebabkannya dijuluki sebagai 'benua pulau dan dipandang sebagai pulau terluas di dunia. Australia memiliki garis pantai sepanjang 34.218 km (belum termasuk pulau-pulau di lepas pantai benua) dan pengakuan perluasan Zona Ekonomi Eksklusif seluas 8.148.250 km². Zona ekonomi eksklusif ini tidak termasuk Teritorial Antarktika Australia. Tidak termasuk Pulau Macquarie,
Iklim di Australia sangat dipengaruhi oleh arus samudra, termasuk Dipol Samudra Hindia dan Osilasi El-Niño Selatan, yang berkorelasi dengan kekeringan yang berkala, dan sistem tekanan rendah tropis bermusim yang menghasilkan siklon di utara Australia. Faktor-faktor ini mengimbasi curah hujan yang variatif dari tahun ke tahun. Sebagian besar utara negara ini memiliki iklim hujan musim panas dominan tropis (monsoon). Di bawah tiga per empat Australia terletak sebuah gurun atau zona kurang subur. Pojok Barat Daya Australia Barat memiliki iklim Mediterania. Banyak bagian di tenggara (termasuk Tasmania) adalah beriklim sedang.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Untuk mendowload Makalah Geografi yang berjudul Makalah Tentang Benua Australia ini secara utuh dan berbentuk file Microsoft Word dan bisa diedit, silahkan klik linknya disini :

Download Makalah Geografi Makalah tentang Benua Australia 

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Makalah Geografi tentang Benua Australia"

Post a Comment