Makalah Perlindungan Hukum Terhadap HAM

Terima kasih telah berkunjung ke NulisMakalah. Pada kesempatan yang baik ini, meskipun dengan   mata yang agak udah 5 watt hehehe (padahal udah minum kopi segelas penuh), NulisMakalah tetap bersemangat untuk memposting dan menshare contoh makalah untuk siswa sekolah. Harapannya agar siswa sekolah memiliki referensi dalam menulis dan membuat makalah. Makalah kali ini berjudul "Makalah Perlindungan Hukum terhadap HAM". 

Contoh Menulis Makalah Mata Pelajaran PPKN ini, dengan judul makalah Perlindungan Hukum terhadap HAM bisa dilihat di bawah ini :   

PEMBAHASAN



Berbicara mengenai perlindungan hukum tentu sangat erat kaitannya dengan Hak Asasi Manusia (HAM). Di dalam Kamus Hukum dijelaskan hak asasi manusia adalah hak yang dimiliki dengan kelahiran dan kehadirannya di dalam kehidupan masyarakat. Lembaga Bantuan Hukum Indonesia mengartikan hak asasi manusia adalah hak dasar yang diakui secara universal dan melekat pada diri manusia sejak kelahirannya. Setiap manusia memiliki hak itu atas kodrat kelahirannya sebagai manusia, bukan karena pemberian oleh suatu organisasi kekuasaan, hak itu tidak boleh dirampas atau dicabut.
Hukum dapat dirasakan dan diwujudkan dalam bentuk yang paling sederhana yaitu Peraturan Perundang-undangan, dalam bentuk yang lebih rumit, wujud hukum tersebut dikendalikan oleh sejumlah asas-asas, doktrin atau filosofi hukum yang diakui oleh sistem hukum secara universal.
Indonesia sebagai negara hukum memiliki ciri-ciri pokok sebagai berikut :
  1. Pengakuan dan perlindungan atas HAM yang mengandung persamaan dalam bidang politik, sosial, ekonomi, hukum dan budaya.
  2. Peradilan yang bebas dan tidak memihak serta tidak dipengaruhi oleh suatu kekuasaan atau kekuatan apapun juga.
  3. Menjunjung tinggi atas legalitas
Masyarakat hukum Indonesia telah lama memperjuangkan dan mencita-citakan suatu hukum acara pidana nasional yang lebih manusiawi dan lebih memperhatikan hak-hak tersangka. Penghormatan terhadap hak asasi manusia termasuk penghormatan terhadap hak tersangka. Selama ini kurang mendapat perhatian dari sistem hukum pidana Indonesia. Banyaknya insiden perlakuan tidak manusiawi, penyiksaan dan perlakuan, merendahkan martabat manusia, terutama orang miskin yang tidak mampu membayar jasa hukum dan pembelaan seorang advokat (penasehat hukum)
Perlindungan hukum terhadap hak asasi manusia dapat terwujud :  
1.      Adanya dasar negara yang mengandung nilai-nilai hak asasi mausia
2.      Adanya konstitusi yang mengandung nilai-nilai hak
3.      Adanya ketetapan MPR tentang HAM
4.      Adanya undang-undang yang mengandung hak asasi manusia
5.      Adanya Komisi Nasional Hak Asasi Manusia
6.      Adanya pengadilan Hak asasi
Keputusan Presiden RI No. 50 tahun 1993 tanggal 7 Juni 1993 membentuk Komnas HAM yang bertujuan untuk :
a.       Membantu pengembangan kondisi yang kondusif bagi pelaksanaan hak asasi manusia.
b.      Meningkatkan perliudungan HAM guna mendukung terwujudnya tujuan pembangunan nasional yaitu pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan Pembangunan masyarakat Indonesia.

Untuk mendowload makalah PPKN yang berjudul Perlindungan Hukum terhadap HAM ini secara utuh dan berbentuk file Word dan bisa diedit, silahkan klik linknya disini :

Download Makalah PPKN Perlindungan Hukum Terhadap HAM 

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Perlindungan Hukum Terhadap HAM"

Post a Comment