Makalah Larangan Pergaulan Bebas dan Zina

Selamat berjumpa lagi dengan NulisMakalah. Kepada siswa SMP dan Sederajat, NulisMakalah ucapkan selamat karena sudah menjalankan Ujian Nasional (UN) SMP Tahun 2015. Semoga Hasil UN SMP Tahun 2015, sesuai dengan keinginan kita semua, dan Lulus dengan memuaskan. Meskipun momen nya momen sukacita karena sudah menjalankan UN, Eitss tapi tidak perlu merayakan secara berlebihan ya !! Meskipun proses belajar hampir usai untuk siswa kelas akhir, namun NulisMakalah tetap hadir setia mengisi blog ini dengan contoh-contoh makalah lainnya, karena di NulisMakalah tempatnya referensi dan contoh makalah atau tugas sekolah. NulisMakalah tetap bersemangat untuk memposting dan menshare contoh makalah untuk siswa sekolah. Harapannya agar siswa sekolah memiliki referensi dalam menulis dan membuat makalah. Kali ini kita akan memberikan contoh Makalah Agama Islam. Makalah Mata Pelajaran Agama Islam kali ini berjudul "Makalah Larangan Pergaulan Bebas dan Zina". 

Contoh Menulis Makalah Mata Pelajaran Agama Islam, dengan judul makalah Makalah Larangan Pergaulan Bebas dan Zina bisa dilihat di bawah ini :   

PEMBAHASAN




A.      LARANGAN PERGAULAN BEBAS
1.        Pengertian Larangan Pergaulan Bebas
Pergaulan merupakan proses interaksi yang dilakukan oleh individu dengan individu, dapat juga oleh individu dengan kelompok.
 Seperti yang dikemukakan oleh Aristoteles bahwa manusia sebagai makhluk sosial (zoon-politicon), yang artinya manusia sebagai makhluk sosial yang tak lepas dari kebersamaan dengan manusia lain. Pergaulan yang dia lakukan itu akan mencerminkan kepribadiannya, baik pergaulan yang positif maupun pergaulan yang negatif. Pergaulan yang positif dapat berupa kerjasama antar individu atau kelompok guna melakukan hal – hal yang positif. Sedangkan pergaulan yang negatif lebih mengarah ke pergaulan bebas, hal itulah yang harus dihindari, terutama bagi remaja yang masih mencari jati dirinya. Dalam usia remaja ini biasanya seorang sangat labil, mudah terpengaruh terhadap bujukan dan bahkan dia ingin mencoba sesuatu yang baru yang mungkin dia belum tahu apakah itu baik atau tidak.
Pergaulan bebas adalah salah satu bentuk perilaku menyimpang, yang mana “bebas” yang dimaksud adalah melewati batas-batas norma ketimuran yang ada. Masalah pergaulan bebas ini sering kita dengar baik di lingkungan maupun dari media massa.
2.        Hukum Larangan Pergaulan Bebas
Hukum pergaulan ada 3 golongan, yaitu :
1.      Golongan Mutasyaddidun
Golongan ini sangat keras/syadid, mereka memfatwakan semua ikhtilath itu haram apapun keadaannya, bahkan mewajibkan wanita memakai cadar selain menutup aurat.
Contoh : sekolah di pisahkan antara laki – laki dan perempuan.

2.      Golongan Mutasahhilin
Golongan ini memandang ikhtilath sebagai masalah yang mudah, mereka membolehkan percampuran laki – laki dan perempuan atas dasar kebebasan dan hak individu, dan aurat boleh diperlihatkan.
3.      Golongan Mutawasitthin
Golongan ini berpegang pada Ahli Sunnah Wal Jamaah dan tidak terlalu keras/syadid atau terlalu menganggap mudah. Tidak mengharamkan atau tidak menghalalkan percampuran antara laki – laki dan perempuan dengan memberi batasan yang jelas dalam ikhtilath.


-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Untuk mendowload Makalah Agama Islam yang berjudul Makalah Larangan Pergaulan Bebas dan Zina ini secara utuh dan berbentuk file Microsoft Word dan bisa diedit, silahkan klik linknya disini :

Download Makalah Agama Islam Makalah Larangan Pergaulan Bebas dan Zina 

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Larangan Pergaulan Bebas dan Zina"

Post a Comment