Makalah Pandangan Islam Terhadap Kekayaan

Terima kasih telah berkunjung ke NulisMakalah. Pada kesempatan yang baik ini, meskipun dengan mata yang agak udah 5 watt hehehe (padahal udah minum kopi segelas penuh), NulisMakalah tetap bersemangat untuk memposting dan menshare contoh makalah untuk siswa sekolah. Harapannya agar siswa sekolah memiliki referensi dalam menulis dan membuat makalah. Makalah kali ini berjudul "Makalah Pandangan Islam Terhadap Kekayaan". 

Contoh Menulis Makalah Mata Pelajaran Agama Islam  ini, dengan judul makalah Pandangan Islam terhadap Kekayaan bisa dilihat di bawah ini :   
PEMBAHASAN



Imam Ar-Razi dalam tafsirnya, tafsir Ak-Kabir, menyebutkan bahwa kecintaan atau kesukaan manusia terhadap sesuatu itu ada 2 tipe. Pertama, adakalanya manusia menyukai sesuatu, tetapi dibalik kesukaannya dia merasakan keprihatinan, sedih terhadap kecintaannya, dengan kata lain, cinta yang disertai dengan rasa keprihatinan.
Sebagai contoh, orang menyadari bahwa merokok mengganggu kesehatan tetapi dia tetap menyukai rokok. Dalam hati kecilnya dia sebenarnya lebih senang bila tidak merokok, namun kecanduannya membuat dia tidak kuasa menahan keinginannya.
Tipe Kedua adalah orang yang menyukai sesuatu dan dia bangga dengan kesukaannya. Cinta yang sudah terornamentasi, cinta yang sudah dihiasi dengan rasa kebanggaan. Misalnya orang yang menyukai musik pada umumnya bangga bisa mendengarkan atau menikmati musik. Demikian juga kesenangan manusia terhadap harta kekayaan adalah normal dan kodrati.
Apakah Islam melarang manusia  menyukai harta ? Atau dosakah seseorang yang mencintai harta? Hampir semua ulama bahkan semua madzhab berpendapat sama bahwa orang yang menyukai harta tidak berdosa. Islam hanya mengingatkan agar kekayaan yang disukai tidak sampai menjadi tujuan hidup. Namun demikian, manusia kerap kali lupa dengan tujuan hiduonya dan menjadikan harta sebagai “berhala”. Mereka serakah dan tidak pernah puas terhadap harta. Rasulullah saw. dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Al Bukhori dan Muslim dari Ibnu Abbas :

Untuk mendowload makalah Agama Islam yang berjudul Pandangan Islam Terhadap Kekayaan ini secara utuh dan berbentuk file Word dan bisa diedit, silahkan klik linknya disini :

Download Makalah Agama Islam Pandangan Islam Terhadap Kekayaan 

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Pandangan Islam Terhadap Kekayaan"

Post a Comment