Makalah Cara Beternak Ikan Lele

Alhamdulillah masih diberi kehidupan oleh SWT,  mudah2an kita semua selalu dalam keadaan sehat  wal'afiat. Kali ini nulismakalah akan share tentang Makalah Cara Beternak Ikan Lele.
Posting di bawah ini merupakan contoh Menulis Makalah Cara Beternak Ikan Lele. Dalam menulis makalah ini mungkin terdapat banyak kesalahan, oleh sebab itu, NulisMakalah senantiasa terbuka untuk menerima kritik dan saran. Mudah-mudahan Contoh Menulis Makalah Beternak Ikan Lele ini dapat bermanfaat buat semuanya.
Contoh Makalah Cara Beternak Ikan Lele. Sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia, memiliki peran yang tidak kecil. Meskipun dengan kapital yang tidak besar namun pengalaman menunjukan bahwa sektor UKM ini memiliki daya tahan yang kuat terhadap kondisi krisis ekonomi. Di saat perusahaan-perusahaan besar mengalami kebangkrutan dan kesulitan likuiditas, UKM masih tetap bisa bertahan.
Untuk itulah sangatlah penting untuk mewujudkan UKM yang kuat kepada generasi penerus Indonesia. Diantaranya dengan penyebaran informasi mengenai tips dan cara membangun dan mengelola UKM yang sehat dan kuat. Contoh Makalah Cara Beternak Ikan Lele ini mencoba untuk menjelaskan secara ringkas mengenai usaha Beternak Ikan Lele.  





Budidaya ikan lele sangat menguntungkan, pasarnya terus berkembang dan makin banyak diminati. Budidaya ikan lele akan sangat menguntungkan jika dilakukan dengan baik, intensif dan konsisten. Bagi anda yang ingin melakukan Budidaya Lele, berikut ini akan saya sampaikan tata cara budidaya lele yang baik.
Dalam budidaya Lele, 2 hal yang harus diperhatikan yaitu Pembenihan dan Pembesaran. Kedua hal tersebut sangat berkaitan dan sangat perlu untuk diketahui bersama agar hasil budidaya bisa maksimal. Langkah- langkah budidaya lele dapat dilihat pada tulisan berikut ini.
Langkah-langkah Cara Melakukan Budidaya Ikan Lele :
1. Persiapan Kolam
Pembuatan kolam harus memperhatikan kondisi lingkungan dan tenaga kerja. Tipe-tipe kolam yang umum digunakan dalam budidaya ikan lele adalah kolam tanah, kolam semen, kolam terpal, jaring apung dan keramba. Namun dalam artikel ini kita hanya membahas kolam tanah saja, mengingat jenis kolam ini paling banyak digunakan oleh para peternak ikan.
Kolam yang akan dipakai harus dikeringkan dahulu selama 3 (tiga) - 7(tujuh) hari bergantung pada teriknya sinar matahari sampai permukaan tanah sudah retak-retak. Hal ini bertujuan agar mikroorganisme jahat dan bibit penyakit jadi mati. setelah dikeringkan, permukaan tanah digemburkan, bagian tanah yang busuk dibuang agar amoniak tanah tersebut hilang.
Setelah dikeringkan dilakukan pengapuran untuk menyeimbangkan pH tanah dan memberantas mikroorganisme patogen. Jenis kapur yang digunakan adalah dolomit atau kapur tohor. Pengapuran dilakukan dengan cara ditebar secara merata di atas permukaan dasar kolam. Setelah ditebari kapur, balik tanah dengan cangkul agar kapur meresap ke bagian dalam. Dosis yang diperlukan untuk pengapuran dasar kolam adalah 250-750 gram per meter persegi, atau tergantung pada derajat keasaman tanah. Semakin asam tanah semakin banyak kapur yang dibutuhkan.
                       
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Untuk mendowload Contoh Makalah Cara Beternak Ikan Lele ini secara utuh dan berbentuk file Microsoft Word dan bisa diedit, silahkan klik linknya disini :

Download Contoh Makalah Beternak Ikan Lele

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Cara Beternak Ikan Lele"

Post a Comment